20 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan Alami

Selamat malam guys, saat artikel ini admin tulis tepat jam 8.30 WIB. Admin ingin berbagi mengenai khasiat minyak zaitun untuk kecantikan. Minyak ini begitu spesial, bahkan Allah SWT menyebutkan qur'an secara khusus. Allah SWT bersumpah demi buah tin dan buah zaitun, ini menandakan bahwa kedua jenis tanaman ini sangat penting bagi manusia.

Meskipun berasal dari timur tengah, kita bisa menemukan minyak zaitun dengan mudah di negara kita. Minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Namun, kali ini admin tidak membahas untuk kesehatan, admin ingin sedikit mengulas mengenai manfaat minyak zaitun untuk kecantikan alami. Apa saja kira-kira manfaatnya? Mari simak berikut ini.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

Minyak Zaitun


1. Membersihkan wajah


Manfaat yang bisa kita ambil dari minyak zaitun yang pertama adalah kebersihan wajah.  Caranya hanya dengan meneteskan beberapa tetes minyak zaitun di telapak tangan, usapkan ke seluruh wajah lalu gosok perlahan hingga merata. Beri pijatan lembut, bersihkan dengan handuk dan air hangat.

2. Mengatasi rambut kering


Selain untuk wajah, minyak zaitun juga baik untuk rambut kering. Sama seperti pada wajah, oleskan minyak zaitun pada akar dan helai rambut dalam kondisi kering. Lakukan pijatan ringan selama lima menit agar minyak lebih meresap, lalu bungkus rambut dengan handuk hangat. Setelah didiamkan selama 20 menit, bilas rambut hingga bersih.

3. Mencegah rambut rontok


Jika anda mengalami kerontokan rambut, maka minyak zaitun bsia menjadi solusi terbaik untuk anda. Bisa anda jadikan sebagai pelembab rambut atau sampo untuk mandi. 

4. Menyehatkan kulit kepala


Pijatan kulit kepala dengan minyak zaitun dapat merangsang sirkulasi dan mempercepat pengangkatan sel kulit mati pada kulit kepala, sirkulasi meningkat membuat rambut lebih kuat.

5. Mengatasi gatal di kulit kepala


Selain menyehatkan kulit kepala, minyak zaitun juga dapat menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala. Rambut indah, tanpa rasa gatal. 

6. Perawatan Rambut Sehat


Memiliki rambut indah adalah dambaan setiap orang, tapi kalau harus ke salon kalau mau punya rambut indah wah, ga banget deh. Dengan menggunakan minyak zaitun, anda tidak perlu lagi sering-sering ke salon. Anda bsia memiliki rambut indah alami dengan menggunakan minyak zaitun. Caranya  dengan mengoleskan ke rambut Anda dari akar hingga ke ujung rambut. Gulung dan tutup rambut dengan kain, handuk, atau shower cap. Diamkan selama 10 menit, bilas dengan air. 

7. Merawat kaki


Selain untuk rambut, wajah dan kulit, minyak zaitun juga bisa dijadikan sebagai bahan perawatan kaki anda yang mengalami pecah-pecah atau kering. Oleskan minyak zaitun pada kaki anda yang pecah-pecah kemudian kenakan kaus kaki kemudian bawa tidur. Keesokan harinya Anda akan menemukan rasa halus dan perbaikan kulit di telapak kaki (apabila dilakukan secara rutin.)

8. Melembabkan bibir


Tak perlu harus memakai lip balm untuk melembabkan bibir, karena mengoleskan minyak zaitun sedikit saja akan melembutkan serta melembabkan bibir. Selain itu, dengan perawatan rutin, bibir akan tampak lebih lembut, lembab, merah dan tidak pecah-pecah.

9. Menghaluskan kulit tubuh


Konon, Cleopatra juga membubuhkan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam air mandinya, sehingga minyak zaitun dapat merawat keseluruhan kulit tubuh. Selain itu, menurut kepercayaan Mesir kuno, minyak zaitun juga membantu penyembuhan lebih cepat melalui mandi.

10. Menyegarkan Tubuh


Minyak essential oil dari buah zaitun ini, punya efek menyegarkan dan mudah sekali diserap oleh tubuh kita. Sehingga tidak menutupi pori-pori, dan kulit masih bisa bernapas. Minyak ini juga berkhasiat untuk melembabkan dan melembutkan kulit kita, terutama untuk jenis kulit kering.

11. Untuk scrub


Dalam buku yang berjudul The Passionate Olive yang ditulis oleh Carol Firenze, seperti dikutip dari IndiaTimes, dijelaskan bahwa minyak zaitun dapat membantu mengatasi kulit kering dan pecah-pecah. Selain itu, minyak zaitun juga dapat membantu regenerasi kulit, melepaskan kulit mati dan memicu pertumbuhan kulit baru.



Sebagai scrub, minyak zaitun dicampurkan dengan garam mandi. Discrub ke seluruh tubuh (kecuali bagian yang kulitnya sensitif seperti paha dalam atau kulit yang terluka.)

12. Perawatan kuku


Untuk menjaga agar kutikel tetap lembab, massage kuku dengan minyak zaitun. Kuku akan lebih lembab, dan bersinar. Karena kuku tidak memiliki kandungan minyak dan kelenjar keringat yang banyak, maka Anda perlu tetap menjaga kelembabannya. Ketika mengalami kekeringan, kuku akan menjadi rapuh. Minyak zaitun bisa membantu menjaga melembabkannya. Caranya, pijat kuku dengan minyak zaitun setiap malam hari. Lakukan ini tiga kali seminggu untuk mengobati kuku yang rapuh.



Oke, dewasa ini minyak buah zaitun memang akrab dengan para wanita. Hal ini karena khasiatnya yang bagus untuk perawatan kecantikan.

13. Mempercantik dan melangsingkan tubuh

Hasil riset yang dimuat di The British Journal of Nutrition menyebutkan, penggunaan minyak zaitun untuk menggantikan minyak jenuh selama empat minggu, tanpa mengubah pola makan, mampu mengurangi berat badan hingga 2-3 kg. Penelitian lain menyebutkan, minyak zaitun dapat memecah sel adiposit penyebab obesitas. Extra virgin olive oil direkomendasikan untuk menggantikan diet minyak lemak jenuh yang sering dikonsumsi.

14. Menjaga kesehatan kulit


Selain sebagai antikanker, minyak zaitun juga mengandung banyak vitamin E yang sangat berguna untuk menjaga elastisitas kulit. Dengan mengonsumsi minyak zaitun, secara tidak langsung kulit akan terasa lebih kencang, halus, dan sehat.

15. 
Merawat Kulit


Di samping itu, minyak zaitun juga berguna untuk melembapkan kulit kering saat digunakan sebagai masker. Manfaat lain yaitu dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari jika dioleskan. 



Konon, para ratu dan putri di zaman Yunani kuno menggunakan minyak zaitun dalam ritual kecantikan mereka. Sebabnya, minyak ini terbukti berkhasiat menjadikan kulit halus dan terlihat lebih muda. Bahkan, kandungan minyak jenuh tunggal di dalamnya sangat bermanfaat dalam menghilangkan noda hitam pada kulit.

16. Mengatasi Wajah Berminyak


Ambil sedikit bubuk cendana dan tambahkan beberapa tetes minyak zaitun. Campur dan oleskan pada masker wajah dan biarkan selama 7-10 menit. Bilas dengan air dingin. Ini adalah resep minyak zaitun yang ideal untuk kulit berminyak.

17. 
Menghilangkan flek di wajah


Oleskan minyak zaitun pada wajah dan leher. Biarkan selama 4-5 menit dan kemudian uapkan. Hal ini akan membuka pori-pori kulit dan membersihkan kulit secara alami. Hal ini juga efektif untuk menyingkirkan flek matahari yang terdapat pada kulit wajah.

18. Mengembangkan rambut


Kocok dua butir telur dan secangkir penuh minyak zaintun selama dua menit atau lebih hingga lembut. Oleskan dari akar hingga ujung rambut. Diamkan sekitar 10 menit dan cuci. Rambut Anda akan bervolume, mengembang, dan berkilau. 

19. Perawatan rambut rusak


Tambahkan kelopak bunga mawar atau ektrak melati dalam minyak zaitun. Simpan dalam botol tertutup selama sedikitnya 24 jam. Usapkan rambut Anda dengan air panas untuk membuka pori-pori kulit kepala. Oleskan minyak zaitun ke kulit kepala, pijat selama beberap menit. 

20. Memanjangkan rambut


Jika Anda ingin mempunyai rambut panjang yang indah, haluskan biji lemon dan lada, kemudian campurkan dua sendok makan minyak zaitun. Oleskan pada kulit kepala. Biarkan selama 20 menit dan cuci dengan sampo.

Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan? Itulah 20 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan Alami yang bisa kita dapatkan. Semoga bermanfaat ya. Baca juga 8 Manfaat Bawang Putih Bagi Kecantikan Alami.


Blog, Updated at: 06:03