25 Jenis Makanan untuk Kulit Cantik Berseri dan Awet Muda

25 Jenis Makanan untuk Kulit Cantik Berseri dan Awet Muda - Memiliki kulit cantik indah dan mulus adalah dambaan setiap wanita. Setiap pria juga pasti ingin memiliki pasangan yang cantik, menawan dan meneduhkan pandangan. Memang, ada sebagian orang diberikan kelebihan dalam hal kecantikan. Ada mereka yang memiliki kulit halus dan indah sejak lahir, namun tidak sedikit juga orang yang mendapatkannya melalui proses panjang.

Setiap orang berhak memiliki sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya. Jika anda ingin mendapatkan kulit cantik alami maka anda harus berusaha lebih gigih. Memang, meskipun sebenarnya anda bisa mendapatkan kulit cantik dalam waktu yang relatif lebih singkat dengan menggunakan kosmetik-kosmetik yang sangat banyak beredar di pasaran. Tapi yang perlu sama-sama kita ketahui, bahwa produk-produk itu biasanya akan menimbulkan efek samping, kalaupun tidak secara langsung biasanya akan menimbulkan efek dikemudian hari.

Kali ini admin ingin sedikit berbagi mengenai beberapa makanan yang baik untuk kecantikan kulit anda. Apa saja kira-kira? Berikut ini kami rangkum dari berbagai sumber.

25 Jenis Makanan untuk Kulit Cantik Berseri dan Awet Muda

Makanan untuk Kulit Cantik

1. Ikan


Kandungan nutrisi pada ikan sangat baik untuk kecantikan kulit kita, ikan salmon sangan dianjurkan untuk anda konsumsi karena mengandung minyak omega-3. Sebagaimana kita ketahui, omega-3 sangat berperan untuk meningkatkan kekenyalan kulit kita atau elastisitas kulit. Selain itu, omega-3 juga berperan mengurangi keriput pada wajah. Selai ikan salmon beberapa jenis ikan lainnya seperti ikan kembung, herring, sarden, dan makarel.

2. Serelia utuh


Baru mendengar jenis makanan serelia utuh? Serelia itu makanan yang bersumber dari gandum dan beras merah. Gandum dan beras merah mengandung nutrisi yang sangat penting seperti vitamin, mineral, protein, dan serat. Selain itu juga mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Selain baik untuk kecantikan, serelia juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kita, kandungan nutrisi yang terdapat pada serelia dapat berfungsi menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga dengan demikian anda akan terhindar dari penyakit jantung.

3. Minyak zaitun dan lemak sehat lainnya


Dalam al-qur'an disebutkan ada banyak manfaat minyak zaitun. Salah satu khasiat minyak zaitun adalah untuk kecantikan kulit. Kandungan vitamin A dan E serta nutrisi lainnya seperti lemak baik juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Jika anda teratur mengkonsumsi minyak zaitun maka kulit, rambut, kuku dan tubuh anda secara keseluruhan juga akan sehat. Selain minyak zaitun, alpukat juga sangat baik anda konsumsi agar kulit anda lebih cantik dan halus serta awet muda. Pilihlah jenis virgin olive oil yang belum diproses secara kimiawi. Sumber lemak sehat lainnya yaitu minyak safflower, dan minyak wijen.

4. Teh Hijau


Teh selama ini mungkin hanya dijadikan sebagai teman santai karena memang dapat mengurangi stress saat mengkonsumsinya. Tahukah anda? Ternyata teh hijau juga baik untuk kulit kita. Sebisa mungkin hindari minuman yang kaya dengan kafein. Kafein tidak baik untuk kesehatan kita karena dapat menghancurkan vitamin dalam tubuh Anda. Namun teh hijau kaya akan kandungan EGCG-antioksidan super yang memiliki kemampuan untuk membalikkan oksidasi dan peradangan kulit yang muncul dalam bentuk keriput, kerusakan kulit, atau luka. 

5. Air


Air adalah anugerah yang sangat luar biasa bagi kehidupan kita, sangat wajar kalau seandainya kita mengatakan bahwa air adalah sumber kehidupan. Mengingat memang Allah SWT menyebutkan hal tersebut di dalam Al-qur'an. Usahakan untuk minum air putih lebih dari 8 gelas seharinya. Jika anda kekurangan cairan makan akan mengakibatkan kulit akan terasa seperti kering, bersisik, dan kurang gizi. Air dapat dengan mudah kita dapatkan, di samping juga mampu membuat suatu keajaiban bagi kulit Anda dan membuatnya bersinar. Minumlah air putih minimal delapan gelas per hari.

6. Melon


Kandungan antioksidan pada buah ini bermanfaat untuk menyerap atau menangkal radikal bebas sehingga kulit anda terhindar dari penuaan dini atau kulit kusam. 

7. Tomat


Tomat merupakan salah satu sayur sumber kaya antioksidan. Sudah jelas bahwa antioksidan sangat baik untuk kecantikan kulit kita.

8. Buah beri


Stroberi, blueberry, blackberry dan semua jenis berry sangat kaya akan antioksidan. Makan berri secara langsung atau dicampur dengan makanan lain, dapat meningkatkan kesehatan kulit anda sepanjang hari. Buah jenis berry mengandung kolagen yang membuat kulit kenyal, halus, dan kencang.

9. Anggur


Anggur mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga kulit kita akan terhindar dari penuaan dini dan keriput. Selain vitamin C juga anthocyanins yang bermanfaat untuk mencegah vena melilit, membantu pembentukan kolagen, menguatkan pembuluh darah yang berfungsi menyebarkan oksigen dan nutrisi sekaligus membuang racun tubuh.

10. Jeruk


Sama dengan anggur, jeruk juga kaya dengan vitamin C.

11. Semangka


Semangka sangat kaya dengan vitamin A, B, dan C. Tidak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat untuk kecantikan kulit kita, bijih semangka mengandung selenium, lemak baik, zinc, dan vitamin E. Semua hal ini ampuh memerangi kerusakan radikal dan penuaan dini. 

12. Alpukat

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas bahwa alpukat hampir sama dengan minyak zaitun. Alpukat adalah sumber vitamin E, yang berguna untuk menghambat penuaan dan membersihkan kulit dari segala noda seperti bekas jerawat, flek hitam, dan masalah lain. Makan alpukat secara teratur juga akan mencegah kulit menjadi kendur seiring bertambahnya usia.

13. Kenari


Buah kenari sangat bermanfaat untuk perbaikan kulit kita. Hal ini dikarenakan kandungan lemak esensial di dalamnya.

14. Kacang hijau


Kalau tadi teh hijau, sekarang kacang hijau. Tahukah anda ternyata mengkonsumsi kacang hijau juga bermanfaat untuk kecantikan kulit kita?Vitamin dalam kacang-kacangan akan memberi keajaiban untuk kulit Anda. 

15. Brokoli

Kandungan vitamin A pada brokoli snagat bermanfaat untuk kecantikan kulit kita. Vitamin A bermanfaat untuk regenerasi sel-sel kulit. 

16. Bayam


Sama halnya dengna brokoli.

17. Wortel


Sama dengan bayam.

18. Ubi jalar


Makanan ini merupakan alternatif selain melon dan tomat yang dapat anda coba untuk mengatasi radikal bebas dan melawan masalah kulit.

19. Susu rendah lemak


Susu sangat kaya dengan vitamin A. Usahakan untuk mengkonsumsi susu rendah lemak dan kaya dengan vitamin A.

20. Daging merah


Daging merah kaya akan zat besi. Kekurangan zat besi akan mengakibatkan lingkaran hitam pada mata. Namun anda jangan mengkonsumsi daging merah kaya lemak.

21. Telur dan yoghurt


Kandungan pada telur dan yogurt seperti mineral, kalium, dan kalsium sangat baik untuk regenerasi sel-sel kulit sehingga kulit anda akan selalu segar dan sehat. 

22. Paprika merah

Kandungan vitamin C pada paprika merah bermanfaat untuk pembentukan kolagen yang secara alami mengencangkan kulit

23. Stroberi

Stoberi mengandung vitamin C tinggi dan asam alagik. Asam elagik bermanfaat untuk mengurangi kerusakan pada DNA (Deoxyribonucleic acid) yang memicu timbulnya kerutan.

24. Bawang bombay

Bawang bombai mengandung flavonoids dan diallyl sulfide. Berfungsi untuk melindungi DNA dan sebagai antiperadangan dan alergi.

25. Kentang

Kentang sangat kaya dengan mineral seperti natrium dengan kadar alkalin tinggi. Kedua zat ini berfungsi untuk memperbaiki aktivitas hati sehingga jaringan menjadi elastis dan otot lentur. 

Bagaimana? Mau tampil lebih cantik? Jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi 25 jenis makanan untuk kulit cantik berseri dan awet muda. Semoga bermanfaat. Baca juga Tips Merawat Rambut Cantik ala Artis India


Blog, Updated at: 20:28