Cara Alami Mengatasi Wajah Berminyak dan Berjerawat

Cara Alami Mengatasi Wajah Berminyak dan BerjerawatKulit anda termasuk berminyak? Hmm, kulit mengeluarkan minyak itu hal yang normal, tidak normal jika mengeluarkan minyak secara berlebihan. Wajah berminyak juga merupakan salah satu penyebab minculnya jerawat, untuk anda yang memiliki wajah berjerawat silahkan baca Cara Merawat Wajah Berjerawat yang Benar.

Penyebab Wajah Berminyak

Kira-kira apa ya penyebab wajah berminyak? Setidaknya ada beberapa penyebab wajah berminyak, seperti faktor keturunan, ketidakseimbangan hormon (biasa terjadi pada masa pubertas atau kehamilan), pola hidup bersih (jarang membersihkan wajah pasca make up, beraktifitas, dan sebagainya), pola makan tidak sehat (kulit wajah juga membutuhkan nutrisi, kandungan lemak jenuh juga dapat meningkatkan kadar minyak pada wajah), dan yang terakhir adalah penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan kulit atau yang mengandung zat kimia berbahaya.

Cara Alami Mengatasi Wajah Berminyak 

Cara Perawatan Wajah

1. Menggunakan Timun

  • Ambil 1 buah timun, kemudian belah menjadi 4 bagian dengan bentuk memanjang.
  • Bagian dalam yang berbiji dibersihkan terlebih dahulu, setelah itu gosok kebagian wajah Anda yang sudah dibersihkan sebelumnya.
  • Diamkan sekitar 10 - 15 menit, setelah itu bilas dengan air hangat lalu lap atau usap menggunakan handuk bersih.
  • Beri pelembab agar terasa efeknya.

2. Menggunakan Seledri

  • Ambil daun seledri, potong kecil-kecil.
  • Masukkan potongan tersebut kedalam wadah kecil yang sudah diisi dengan air mendidih.
  • Diamkan terendam sampai 15 - 20 menit, lalu ambil daun seledrinya dan biarkan dingin.
  • Oleksan air seledri yang sudah dingin pada wajah Anda, biarkan sampai seledri meresap sampai mengering.
  • Terakhir bilas dengan air hangat sampai bersih, lakukan perawatan ini dengan rutin agar wajah Anda terbebas dari minyak.

3. Mencuci Muka

Biasakan untuk mencuci wajah disela-sela aktifitas Anda atau waktu istirahat Anda. Gunakan sabun khusus untuk mencuci wajah berminyak, karena biasanya banyak debu yang menempel walaupun Anda bekerja didalam ruangan ber-AC.

4. Krim Malam

Cara yang semi alami dalam perawatan wajah berminyak adalah dengan penggunaan krim malam sebelum tidur, hal ini juga harus dilakukan karena pada malam hari kulit juga bekerja untuk meregulasi kandungan air dan minyak pada wajah.

5. Menggunakan Masker Stroberi

Didalam stroberi banyak mengandung vitamin C yang dapat memberikan kesegaran pada wajah. Cara membuat masker stroberi adalah seperti berikut ini.
  • Hancurkan sekitar 8-9 buah stroberi segar menggunakan garpu (jangan pakai blender).
  • Campurkan dengan 3 sendok makan madu.
  • Saring cairan yang dihasilkan oleh campuran stroberi dan madu.
  • Oleskan cairan tersebut ke seluruh wajah, diamkan sekitar 10 menit.
  • Terakhir bilas menggunakan air dingin sampai bersih.
  • Lakukan secara rutin seminggu 2 kali agar hasilnya maksimal.

Perawatan Wajah Berminyak

1. Bersihkan wajah secara teratur
Bersihkan wajah anda minimal 2 kali sehari. Gunakan kertas minyak untuk wajah, mengoleskan gel lidah buaya, selalu membawa tissue, dan mencuci wajah dengan air dingin adalah beberapa langkah menguragi kadar minyak pada wajah.

2. Hindari pelembab

Dengan anda menggunakan pelembaba maka dapat memperparah minyak pada wajah.

3. Hindari minyak

Hindari minyak dengan mengurangi konsumsi makanan berminya, hindari juga menyentuh wajah dengan tangan, apalagi tangan anda sedang kotor.

4. Gunakan masker Pisang

Kandungan nutrisi pada pisang seperti: vitamin A, B dan E yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Haluskan pusang kemudian oleskan pada wajah dan leher selama 15-20 menit. Jika Anda berjerawat, Anda dapat menambahkan madu di dalamnya. 

5. Gunakan kertas minyak

Caranya: tempelkan kertas pada area wajah berminyak, angkat kertas setelah 15-20 detik dan minyak akan menempel pada kertas.

Itulah beberapa Cara Alami Mengatasi Wajah Berminyak dan Berjerawat dari kami. Baca juga 5 Cara Memancung Hidung Tanpa Operasi dan Terbukti Ampuh.


Blog, Updated at: 18:38