7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Wajah, Kulit dan Rambut

7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Wajah, Kulit dan RambutSelamat siang sahabat cantik. Apa kabarnya siang hari ini? Lagi ngapain nih? Hmm, akhir pekan gini enaknya perawatan tubuh :). Bagi anda yangpunya kantong berlebih bisa pergi ke salon kesayangan anda. Kalau bagi mereka yang punya kantong pas-pasan cukup perawatan kecantikan di rumah saja ya :D.

Ada banyak bahan alami yang bisa kita jadikan sebagai alternatif perawatan kecantikan, salah satunya adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Kalau soal khasiatnya sudah tidak diragukan lagi, bahkan kandungan vitamin C jeruk nipis melebihi kandungan jeruk yang lainnya. Nah, kali ini admin ingin berbagi apa saja manfaat jeruk nipis untuk kecantikan yang bisa kita dapatkan.

Namun, sebelum kita bahas apa saja manfaat jeruk nipis untuk kecantikan mari lihat apa saja kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis

Secara umum, buah jeruk kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam kandungan 100 g jeruk nipis, terdapat kalori 51 kal, protein 0,9 g, lemak 0,2 g, karbohidrat 11,4 g, mineral 0,5 g, kalsium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0,4 mg dan asam askorbat 49 mg. 



Manfaat Jeruk Nipis

Manfaat jeruk Nipis untuk Kecantikan

1. Menghilangkan Jerawat

Ini manfaat luar biasa jeruk nipis. Buah yang satu ini dapat menghilangkan jerawat. Caranya, teteskan perasan jeruk nipis di atas kapas, lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

2. Merawat Kecantikan Kulit Wajah


Jika anda ingin melakukan perawatan wajah dengan menggunakan jeruk nipis pertama anda harus menyiapkan beberapa jeruk nipis, kemudian usapkan air perasan jeruk nipis di wajah, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit, bilas wajah anda dengan air sampai bersih. Kulit anda akan tampak lebih cantik, halus, bersih, putih dan juga bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori kulit sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat. Jika anda ingin membuat kulit wajah anda menjadi kenyal dan juga bersih, yang dapat anda lakukan adalah mencampurkan perasan jeruk nipis dengan putih telur lalu oleskan pada wajah. Setelah olesan jeruk nipis dan putih telur tersebut mengering, segera bilas dengan air hangat sampai bersih.

3. Memutihkan Kulit Wajah


Jika anda ingin memiliki wajah putih, jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai herbal yang cukup ampuh, caranya, pertama siapkan 1 sdm bubuk kunyit, 1 sdm susu bubuk dan 100 ml air perasan jeruk nipis. Caranya, Campurkan semua bahan, kemudian aplikasikan pada wajah secara merata sampai ke leher. Biarkan kering sekitar 20 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat. Dan akhiri dengan membilasnya menggunakan air dingin.

Selain cara di atas, anda juga bisa membuat ramuan anjuran para ahli untuk mendapatkan wajah putih bersih berikut ini:


Bahan : Siapkan satu Buah Jeruk Nipis yang masih segar

Cara Pemakaian:
  • Ambil jeruk nipis yang sudah kita siapkan tadi dan Belah menjadi dua bagian.
  • Kemudian Oleskan potongan jeruk yang sudah kita potong tadi ke seluruh bagian kulit wajah hingga merata. Atau dengan cara lain yaitu peras jeruk nipis kemudian oleskan ke wajah hingga merata dengan menggunakan bantuan kapas.
  • Setelah mengoleskan jeruk nipis ke wajah dan rata langkah selanjutnya jangan dibasuh atau dicuci dulu melainkan diamkan hingga kurang lebih 15 atau 10 menitan.
  • Setelah didiamakan Bilas wajah menggunakan air bersih.

4. Merawat Kesehatan Rambut

Selain untuk kecantikan wajah, jeruk nipis juga bisa digunakan untuk melakukan perawatan rambut agar tampak lebih indah, mengatasi masalah rambut seperti kulit kepala berminyak, rambut berketombe rontok, dan rambut yang sulit diatur. Caranya dengan membasuh rambut dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Setelah itu, diamkan rambut sebentar dan bilas lagi dengan air dingin sampai bersih (dianjurkan untuk memakai shampo).

5. Menghilangkan Bau Badan

Nah, kalau yang satu ini bagi anda yang sering mengalami bau badan, ada baiknya untuk menggunakan ramuan herbal jeruk nipis. Caranya potong satu jeruk nipis yang besar menjadi 2 belah bagian,olesi bagian dalam jeruk nipis dengan kapur sirih,kemudian oleskan di ketiak anda setelah habis mandi dan diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air.

6. Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain dapat memutihkan kulit , menghilangkan jerawat, mengatasi wajah kusam, jeruk nipis juga dapat mengankat sel kulit mati sehingga wajah anda bertambah cerah bercahaya. Tahukah anda? Kandungan AHA (alpha hydroxy acids) dalam buah jeruk nipis mampu mengangkat sel-sel kuliat mati yang ada diwajah kita. Hal ini telah terbukti dengan adanya berbagai macam penelitian. Kulit yang bersih dapat membuat pori-pori bernapas lebih bebas, mendorong pembentukan kulit baru yang lebih sehat, dan menjaga elastisitas kulit. Untuk hasil maksimal, gunakan air jeruk nipis murni dan oleskan ke kulit wajah dengan bantuan kapas.

7.  Menghilangkan Komedo

Selain mengatasi jerawat, jeruk nipis juga dapat mengatasi masalah komedo. Caranya: Gosokan air jeruk nipis ke seluruh wajah yang banyak terdapat komedo setiap malam. Biarkan saja semalaman dan bilas keesokan paginya. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.
Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan? Itulah 7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Wajah, Kulit dan Rambut anda. Semoga bermanfaat. Baca juga 19 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Ampuh.


Blog, Updated at: 23:37